Cara Bayar Pajak Online Lewat BRI

Cara Bayar Pajak Online Lewat BRI - Pajak adalah kewajiban setiap warga negara yang harus dipenuhi untuk mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Namun, seringkali proses pembayaran pajak menjadi rumit dan menyita waktu karena harus datang ke kantor pajak atau bank tertentu. Untuk memudahkan para wajib pajak, kini ada cara bayar pajak online lewat BRI yang praktis dan cepat. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara bayar pajak online lewat BRI dengan menggunakan ATM, internet banking, atau mobile banking. Selain itu, artikel ini juga akan memberikan beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan seputar cara bayar pajak online lewat BRI.

Apa itu Cara Bayar Pajak Online Lewat BRI?

Apa itu Cara Bayar Pajak Online Lewat BRI?
Apa itu Cara Bayar Pajak Online Lewat BRI?
bing.net webmasters.googleblog.com Mister Geko Grogol Inc

Cara bayar pajak online lewat BRI adalah salah satu metode pembayaran pajak yang dapat dilakukan oleh nasabah BRI tanpa harus datang ke kantor pajak atau bank lain. Dengan cara ini, nasabah BRI dapat membayar pajak kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan kartu ATM, internet banking, atau mobile banking. Cara bayar pajak online lewat BRI ini berlaku untuk berbagai jenis pajak, seperti pajak penghasilan(PPh), pajak pertambahan nilai(PPN), pajak bumi dan bangunan(PBB), pajak kendaraan bermotor(PKB), dan lain-lain.

Cara bayar pajak online lewat BRI ini memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Praktis dan mudah, karena tidak perlu antri di kantor pajak atau bank.
  • Cepat dan aman, karena transaksi dilakukan secara elektronik dan tercatat dalam sistem.
  • Efisien dan hemat biaya, karena tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi atau parkir.
  • Mendukung program pemerintah dalam mewujudkan sistem perpajakan yang modern dan transparan.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Bagaimana cara membuat kode billing untuk membayar pajak online?

Kode billing adalah kode identifikasi yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak(DJP) melalui sistem e-billing untuk melakukan pembayaran pajak secara elektronik. Kode billing ini berisi informasi mengenai jenis, periode, jumlah, dan status pembayaran pajak. Kode billing ini wajib dimiliki oleh setiap wajib pajak yang ingin membayar pajak online.

Cara membuat kode billing untuk membayar pajak online adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs resmi DJP atau aplikasi DJP Online . Jika belum memiliki akun, silakan daftar terlebih dahulu dengan menggunakan nomor NPWP dan alamat email.
  2. Login ke situs atau aplikasi dengan menggunakan username dan password yang telah dibuat.
  3. Klik menu e-Billing dan pilih jenis setoran yang ingin dibayarkan, misalnya PPh Pasal 21.
  4. Isi formulir data sesuai dengan informasi yang diminta, seperti nomor NPWP, nama wajib pajak, kode akun, periode setoran, jumlah setoran, dan lain-lain.
  5. Klik tombol Kirim dan konfirmasi data yang telah diisi.
  6. Tunggu hingga muncul kode billing yang terdiri dari 15 digit angka. Catat atau simpan kode billing tersebut untuk digunakan saat melakukan pembayaran.

Bagaimana cara bayar pajak online lewat ATM BRI?

Cara bayar pajak online lewat ATM BRI adalah sebagai berikut:

  1. Datangi mesin ATM BRI terdekat dan masukkan kartu ATM BRI.
  2. Pilih menu Lainnya dan pilih menu Pembayaran.
  3. Pilih menu Lainnya lagi dan pilih menu MPN.
  4. Masukkan kode billing yang telah dibuat sebelumnya dan tekan Benar.
  5. Lakukan konfirmasi pembayaran dengan mengecek detail transaksi, seperti jenis setoran, periode setoran, jumlah setoran, dan nomor rekening.
  6. Jika sudah sesuai, tekan Ya dan tunggu hingga transaksi selesai.
  7. Ambil kembali kartu ATM dan simpan struk transaksi sebagai bukti pembayaran.

Bagaimana cara bayar pajak online lewat internet banking BRI?

Cara bayar pajak online lewat internet banking BRI adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs internet banking BRI atau aplikasi BRImo . Jika belum memiliki akun, silakan daftar terlebih dahulu dengan menggunakan nomor rekening dan nomor handphone.
  2. Login ke situs atau aplikasi dengan menggunakan user ID, password, dan kode validasi yang dikirim melalui SMS atau email.
  3. Pilih menu Pembayaran dan pilih menu MPN.
  4. Masukkan kode billing yang telah dibuat sebelumnya dan klik Lanjut.
  5. Lakukan konfirmasi pembayaran dengan mengecek detail transaksi, seperti jenis setoran, periode setoran, jumlah setoran, dan nomor rekening.
  6. Jika sudah sesuai, masukkan password transaksi dan klik Ya.
  7. Tunggu hingga muncul notifikasi bahwa transaksi berhasil dan simpan bukti pembayaran yang dapat diunduh atau dicetak.

Bagaimana cara bayar pajak online lewat mobile banking BRI?

Cara bayar pajak online lewat mobile banking BRI adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi mobile banking BRI atau BRImo . Jika belum memiliki akun, silakan daftar terlebih dahulu dengan menggunakan nomor rekening dan nomor handphone.
  2. Login ke aplikasi dengan menggunakan user ID, password, dan kode validasi yang dikirim melalui SMS atau email.
  3. Pilih menu Pembayaran dan pilih menu MPN.
  4. Masukkan kode billing yang telah dibuat sebelumnya dan klik Lanjut.
  5. Lakukan konfirmasi pembayaran dengan mengecek detail transaksi, seperti jenis setoran, periode setoran, jumlah setoran, dan nomor rekening.
  6. Jika sudah sesuai, masukkan password transaksi atau PIN BRImo dan klik Ya.
  7. Tunggu hingga muncul notifikasi bahwa transaksi berhasil dan simpan bukti pembayaran yang dapat diunduh atau dicetak.

Apakah ada biaya tambahan untuk membayar pajak online lewat BRI?

Tidak ada biaya tambahan untuk membayar pajak online lewat BRI. Transaksi pembayaran pajak online lewat BRI ini gratis tanpa dikenakan biaya administrasi atau biaya lainnya. Namun, pastikan bahwa saldo rekening cukup untuk melakukan pembayaran pajak sesuai dengan jumlah yang tertera pada kode billing. Jika saldo tidak cukup, maka transaksi akan gagal dan harus diulangi kembali dengan membuat kode billing baru.

Bagaimana cara mengecek status pembayaran pajak online lewat BRI?

Cara mengecek status pembayaran pajak online lewat BRI adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs resmi DJP atau aplikasi DJP Online . Login dengan menggunakan username dan password yang sama dengan saat membuat kode billing.
  2. Klik menu e-Billing dan pilih menu Status Pembayaran.
  3. Masukkan nomor NPWP dan kode billing yang telah digunakan untuk melakukan pembayaran pajak online lewat BRI.
  4. Klik tombol Cari dan tunggu hingga muncul informasi status pembayaran.
  5. Jika status pembayaran sudah Lunas, berarti transaksi berhasil dan pajak sudah terbayar. Jika status pembayaran masih Belum Lunas, berarti transaksi belum berhasil atau masih dalam proses verifikasi.

Kesimpulan

Cara bayar pajak online lewat BRI adalah salah satu cara yang dapat mempermudah para wajib pajak dalam memenuhi kewajiban mereka. Dengan cara ini, wajib pajak dapat membayar pajak kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan ATM, internet banking, atau mobile banking BRI. Cara ini juga gratis, cepat, aman, dan efisien. Untuk dapat membayar pajak online lewat BRI, wajib pajak harus membuat kode billing terlebih dahulu melalui situs atau aplikasi DJP. Setelah itu, wajib pajak dapat melakukan pembayaran dengan mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan metode yang dipilih. Wajib pajak juga dapat mengecek status pembayaran melalui situs atau aplikasi DJP dengan menggunakan nomor NPWP dan kode billing.

Demikian artikel tentang cara bayar pajak online lewat BRI ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam membayar pajak secara online. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Video Cara Bayar Pajak Online Lewat BRI

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!