Cara Bayar Pajak Motor Lewat DANA

Cara Bayar Pajak Motor Lewat DANA - Apakah Anda ingin tahu cara bayar pajak motor lewat DANA? Jika ya, maka Anda berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan memberikan informasi lengkap dan terperinci tentang cara membayar pajak kendaraan bermotor secara online melalui aplikasi DANA. Anda juga akan menemukan beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan oleh pengguna DANA terkait dengan fitur e-Samsat ini. Simak terus artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan semua informasi yang Anda butuhkan.

Apa itu DANA dan e-Samsat?

Apa itu DANA dan e-Samsat?
Apa itu DANA dan e-Samsat?
bing.net webmasters.googleblog.com Mister Geko Grogol Inc

DANA adalah sebuah aplikasi dompet digital yang menyediakan berbagai layanan keuangan digital, seperti pembayaran, transfer, top up, investasi, asuransi, dan lain-lain. DANA memiliki lebih dari 70 juta pengguna aktif dan lebih dari 4 juta mitra usaha di seluruh Indonesia. Salah satu fitur unggulan DANA adalah e-Samsat, yaitu layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online melalui aplikasi DANA.

e-Samsat adalah singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap, yaitu sistem pelayanan publik yang mengintegrasikan proses administrasi dan pembayaran pajak kendaraan bermotor antara pemerintah pusat dan daerah. Tujuan e-Samsat adalah untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus pajak kendaraan bermotor tanpa harus datang ke kantor Samsat. Dengan e-Samsat, Anda bisa membayar pajak kendaraan bermotor kapan saja dan di mana saja melalui aplikasi DANA.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Bagaimana cara bayar pajak motor lewat DANA?

Berikut adalah langkah-langkah cara bayar pajak motor lewat DANA:

  1. Download dan instal aplikasi DANA melalui Play Store atau App Store. Jika sudah memiliki akun DANA, silakan login. Jika belum, silakan daftar terlebih dahulu.
  2. Pastikan status akun Anda sudah menjadi DANA Premium. Jika belum, silakan upgrade akun Anda dengan mengikuti petunjuk yang ada di aplikasi.
  3. Pastikan saldo DANA Balance Anda cukup untuk membayar pajak motor. Jika kurang, silakan top up saldo Anda melalui transfer bank atau agen (Alfamart, Alfamidi, Lawson, Pegadaian, atau Kantor Pos).
  4. Buka aplikasi SAMOLNAS (Samsat Online Nasional) melalui browser atau download melalui Play Store atau App Store. Masukkan nomor polisi kendaraan Anda dan klik Cari. Catat kode bayar yang muncul di layar.
  5. Buka kembali aplikasi DANA dan klik menu Lihat Semua. Pilih fitur atau kategori Bills dan klik Penerimaan Negara. Pilih e-Samsat dan pilih provinsi tempat Anda mendaftarkan kendaraan Anda.
  6. Masukkan kode bayar yang sudah Anda catat sebelumnya dan klik Check Bill. Pastikan data yang ditampilkan sudah sesuai dengan data kendaraan Anda.
  7. Klik Pay Now dan pilih metode pembayaran yang diinginkan, yaitu DANA Balance atau kartu debit/kredit. Ikuti petunjuk yang ada di layar untuk menyelesaikan transaksi.
  8. Setelah pembayaran berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi pembayaran dan kode NTPN sebagai bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor Anda.

Apa saja syarat dan ketentuan untuk bayar pajak motor lewat DANA?

Berikut adalah beberapa syarat dan ketentuan yang harus Anda perhatikan sebelum bayar pajak motor lewat DANA:

  • Anda harus memiliki akun DANA Premium yang sudah terverifikasi identitasnya.
  • Anda harus memiliki saldo DANA Balance yang cukup atau kartu debit/kredit yang terdaftar di aplikasi DANA.
  • Anda harus memiliki kode bayar yang valid dari aplikasi SAMOLNAS.
  • Anda harus memilih provinsi yang sesuai dengan tempat pendaftaran kendaraan Anda. Saat ini, fitur e-Samsat di DANA baru tersedia untuk tiga provinsi, yaitu Jawa Tengah, Banten, dan Kepulauan Riau.
  • Anda harus membayar pajak kendaraan bermotor sesuai dengan jatuh tempo yang ditentukan. Jika terlambat, Anda akan dikenakan denda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Anda harus menyimpan kode NTPN sebagai bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor Anda. Kode NTPN ini juga bisa digunakan untuk mengambil STNK dan BPKB di kantor Samsat terdekat.

Apa keuntungan bayar pajak motor lewat DANA?

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika bayar pajak motor lewat DANA:

  • Anda bisa membayar pajak kendaraan bermotor kapan saja dan di mana saja tanpa harus datang ke kantor Samsat. Anda hanya perlu menggunakan smartphone dan koneksi internet.
  • Anda bisa menghemat waktu, biaya, dan tenaga karena tidak perlu mengantre atau macet di jalan. Anda juga tidak perlu membawa uang tunai atau kartu ATM.
  • Anda bisa mendapatkan berbagai promo dan cashback dari DANA jika membayar pajak kendaraan bermotor melalui aplikasi DANA. Anda juga bisa mengumpulkan poin DANA Rewards yang bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik.
  • Anda bisa memantau riwayat pembayaran pajak kendaraan bermotor Anda melalui aplikasi DANA. Anda juga bisa mendapatkan notifikasi jika pajak kendaraan bermotor Anda sudah mendekati jatuh tempo.
  • Anda bisa merasakan kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi karena DANA sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). DANA juga menggunakan sistem keamanan yang canggih dan terpercaya.

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang cara bayar pajak motor lewat DANA. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengurus pajak kendaraan bermotor secara online melalui aplikasi DANA. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai.

Video Cara Bayar Pajak Motor Lewat DANA

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!