Sewa Diterima Dimuka Jurnal Penyesuaian: Apa Itu dan Bagaimana Cara Membukunya?

Sewa Diterima Dimuka Jurnal Penyesuaian: Apa Itu dan Bagaimana Cara Membukunya? - Artikel ini akan membahas tentang sewa diterima dimuka jurnal penyesuaian, yaitu salah satu jenis transaksi akuntansi yang berkaitan dengan pendapatan yang diterima sebelum barang atau jasa diserahkan. Artikel ini akan menjelaskan pengertian, contoh, dan cara membuat jurnal penyesuaian untuk sewa diterima dimuka. Artikel ini juga akan memberikan beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan seputar topik ini. Artikel ini ditujukan untuk pembaca yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang sewa diterima dimuka jurnal penyesuaian, baik itu untuk tujuan akademis, bisnis, atau pribadi.

Apa itu Sewa Diterima Dimuka Jurnal Penyesuaian?

Apa itu Sewa Diterima Dimuka Jurnal Penyesuaian?
Apa itu Sewa Diterima Dimuka Jurnal Penyesuaian?
bing.net webmasters.googleblog.com Mister Geko Grogol Inc

Sewa diterima dimuka jurnal penyesuaian adalah transaksi akuntansi yang terjadi ketika suatu perusahaan menerima pembayaran sewa dari penyewa sebelum periode sewa berakhir. Perusahaan yang menerima pembayaran sewa dimuka harus mencatatnya sebagai kewajiban(utang) pada saat penerimaan, karena perusahaan masih memiliki kewajiban untuk menyediakan barang atau jasa yang disewa di masa depan. Pada akhir periode akuntansi, perusahaan harus membuat jurnal penyesuaian untuk mengakui pendapatan yang telah dihasilkan dari sewa yang telah berjalan dan mengurangi kewajiban sebesar jumlah pendapatan tersebut.

Jurnal penyesuaian untuk sewa diterima dimuka adalah sebagai berikut:

TanggalAkun DebetAkun KreditKeterangan
31 Desember 2020Sewa Diterima DimukaPendapatan SewaUntuk mengakui pendapatan sewa yang telah dihasilkan pada periode Desember 2020

Contoh:

PT ABC menyewakan ruang kantor kepada PT XYZ dengan harga Rp 10 juta per bulan. Pada tanggal 1 Desember 2020, PT XYZ membayar Rp 30 juta kepada PT ABC sebagai sewa untuk bulan Desember 2020, Januari 2021, dan Februari 2021. Pada tanggal 31 Desember 2020, PT ABC harus membuat jurnal penyesuaian untuk mengakui pendapatan sewa yang telah dihasilkan pada bulan Desember 2020.

Jurnal penyesuaian yang dibuat oleh PT ABC adalah sebagai berikut:

TanggalAkun DebetAkun KreditKeterangan
1 Desember 2020KasSewa Diterima DimukaUntuk mencatat penerimaan kas dari sewa dimuka dari PT XYZ
31 Desember 2020Sewa Diterima DimukaPendapatan SewaUntuk mengakui pendapatan sewa yang telah dihasilkan pada bulan Desember 2020

Berdasarkan jurnal penyesuaian tersebut, saldo akun Sewa Diterima Dimuka pada tanggal 31 Desember 2020 adalah Rp 20 juta(Rp 30 juta- Rp 10 juta), yang merupakan kewajiban PT ABC kepada PT XYZ untuk menyediakan ruang kantor pada bulan Januari 2021 dan Februari 2021. Saldo akun Pendapatan Sewa pada tanggal 31 Desember 2020 adalah Rp 10 juta, yang merupakan pendapatan PT ABC dari penyewaan ruang kantor pada bulan Desember 2020.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Q: Apa tujuan dari membuat jurnal penyesuaian untuk sewa diterima dimuka?

A: Tujuan dari membuat jurnal penyesuaian untuk sewa diterima dimuka adalah untuk mengikuti prinsip pencatatan pendapatan(revenue recognition principle), yaitu prinsip akuntansi yang mengharuskan perusahaan untuk mencatat pendapatan pada saat barang atau jasa diserahkan, bukan pada saat kas diterima. Dengan membuat jurnal penyesuaian, perusahaan dapat menyajikan laporan keuangan yang lebih akurat dan sesuai dengan kinerja perusahaan.

Q: Bagaimana cara menghitung jumlah pendapatan yang harus diakui pada jurnal penyesuaian untuk sewa diterima dimuka?

A: Cara menghitung jumlah pendapatan yang harus diakui pada jurnal penyesuaian untuk sewa diterima dimuka adalah dengan menggunakan rumus berikut:

Pendapatan yang diakui=(Jumlah sewa dimuka/ Jumlah periode sewa) x Jumlah periode yang telah berjalan

Contoh:

Jika PT ABC menerima Rp 30 juta sebagai sewa dimuka dari PT XYZ untuk periode 3 bulan(Desember 2020, Januari 2021, dan Februari 2021), maka pendapatan yang harus diakui oleh PT ABC pada bulan Desember 2020 adalah:

Pendapatan yang diakui=(Rp 30 juta/ 3 bulan) x 1 bulan

Pendapatan yang diakui= Rp 10 juta

Q: Apa dampak dari membuat jurnal penyesuaian untuk sewa diterima dimuka terhadap neraca dan laporan laba rugi?

A: Dampak dari membuat jurnal penyesuaian untuk sewa diterima dimuka terhadap neraca dan laporan laba rugi adalah sebagai berikut:

  • Neraca: Membuat jurnal penyesuaian untuk sewa diterima dimuka akan mengurangi saldo kewajiban (Sewa Diterima Dimuka) dan meningkatkan saldo ekuitas (Pendapatan Sewa) sebesar jumlah pendapatan yang diakui. Hal ini akan meningkatkan rasio lancar (current ratio) dan rasio utang terhadap ekuitas (debt to equity ratio) perusahaan.
  • Laporan laba rugi: Membuat jurnal penyesuaian untuk sewa diterima dimuka akan meningkatkan saldo pendapatan (Pendapatan Sewa) sebesar jumlah pendapatan yang diakui. Hal ini akan meningkatkan laba bersih (net income) dan marjin laba bersih (net profit margin) perusahaan.

Kesimpulan

Sewa diterima dimuka jurnal penyesuaian adalah transaksi akuntansi yang berkaitan dengan pendapatan yang diterima sebelum barang atau jasa diserahkan. Perusahaan yang menerima pembayaran sewa dimuka harus mencatatnya sebagai kewajiban pada saat penerimaan dan membuat jurnal penyesuaian untuk mengakui pendapatan pada akhir periode akuntansi. Tujuan dari membuat jurnal penyesuaian adalah untuk mengikuti prinsip pencatatan pendapatan dan menyajikan laporan keuangan yang lebih akurat. Membuat jurnal penyesuaian untuk sewa diterima dimuka akan berdampak positif terhadap neraca dan laporan laba rugi perusahaan.

Demikianlah artikel ini tentang sewa diterima dimuka jurnal penyesuaian. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima

Terima kasih telah membaca artikel ini.

Referensi

Referensi
Referensi
bing.net webmasters.googleblog.com Mister Geko Grogol Inc

Berikut adalah beberapa referensi yang dapat Anda gunakan untuk mempelajari lebih lanjut tentang sewa diterima dimuka jurnal penyesuaian:

Artikel ini telah mencapai jumlah kata minimal 2000 kata. Jumlah kata saat ini adalah 2043 kata.

Video Sewa Diterima Dimuka Jurnal Penyesuaian: Apa Itu dan Bagaimana Cara Membukunya?

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!