Cara Bayar Pajak Motor Online di Brimo

Cara Bayar Pajak Motor Online di Brimo - Pajak motor adalah kewajiban yang harus dibayarkan oleh setiap pemilik kendaraan bermotor di Indonesia. Pajak motor digunakan untuk membiayai pembangunan dan perawatan infrastruktur jalan, serta untuk mengatur lalu lintas dan mengurangi polusi udara. Pajak motor biasanya dibayarkan setiap tahun pada saat perpanjangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

Namun, banyak orang yang merasa kesulitan untuk membayar pajak motor karena harus datang ke kantor Samsat(Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) yang seringkali ramai dan jauh dari tempat tinggal. Untuk itu, pemerintah telah menyediakan layanan pembayaran pajak motor secara online melalui berbagai kanal, salah satunya adalah melalui aplikasi BRImo(BRI Mobile) yang merupakan layanan mobile banking dari Bank BRI.

Dengan menggunakan BRImo, Anda bisa membayar pajak motor online tanpa harus keluar rumah dan mengantre di Samsat. Anda hanya perlu memiliki rekening BRI dan aplikasi BRImo yang terinstal di smartphone Anda. Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai keuntungan lainnya, seperti kemudahan, kecepatan, keamanan, dan kenyamanan dalam melakukan transaksi.

Bagaimana cara bayar pajak motor online di BRImo? Berikut ini adalah panduan lengkap yang bisa Anda ikuti.

Apa itu BRImo?

Apa itu BRImo?
Apa itu BRImo?
bing.net webmasters.googleblog.com Mister Geko Grogol Inc

BRImo adalah singkatan dari BRI Mobile, yaitu sebuah aplikasi mobile banking yang dikembangkan oleh Bank BRI untuk memudahkan nasabahnya dalam melakukan berbagai transaksi perbankan melalui smartphone. Dengan BRImo, Anda bisa melakukan transfer, pembayaran, pembelian, pengecekan saldo dan mutasi rekening, pengaturan kartu ATM, dan lain-lain.

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh BRImo adalah pembayaran Penerimaan Negara atau MPN(Modul Penerimaan Negara). MPN adalah sistem pembayaran elektronik yang digunakan untuk membayar berbagai jenis pajak dan non-pajak negara secara online. Salah satu jenis pajak yang bisa dibayar melalui MPN adalah pajak kendaraan bermotor atau e-Samsat.

Dengan menggunakan fitur MPN di BRImo, Anda bisa membayar pajak motor online dengan mudah dan cepat. Anda hanya perlu memasukkan kode billing yang sudah Anda dapatkan sebelumnya melalui aplikasi Signal atau E-Samsat Provinsi. Kode billing adalah kode unik yang berisi informasi mengenai identitas pemilik kendaraan, jenis kendaraan, nomor polisi, masa berlaku STNK, dan jumlah pajak yang harus dibayar.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Bagaimana cara mendapatkan kode billing untuk membayar pajak motor online?

Anda bisa mendapatkan kode billing untuk membayar pajak motor online melalui aplikasi Signal atau E-Samsat Provinsi. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Download dan instal aplikasi Signal atau E-Samsat Provinsi di smartphone Anda.
  2. Buka aplikasi tersebut dan pilih menu e-Samsat.
  3. Masukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), nomor mesin, nomor rangka, dan nomor polisi kendaraan Anda.
  4. Klik tombol Cek Tagihan dan tunggu hingga muncul detail tagihan pajak kendaraan Anda.
  5. Klik tombol Bayar Sekarang dan pilih metode pembayaran Bank BRI.
  6. Catat atau salin kode billing yang muncul di layar.

Bagaimana cara membayar pajak motor online di BRImo?

Anda bisa membayar pajak motor online di BRImo dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi BRImo di smartphone Anda dan login dengan user ID dan password Anda.
  2. Pilih menu Pembayaran dan klik MPN.
  3. Masukkan kode billing yang sudah Anda dapatkan sebelumnya dan klik Lanjut.
  4. Periksa detail pembayaran pajak kendaraan Anda dan pastikan semua data sudah benar.
  5. Klik Bayar dan masukkan PIN BRImo Anda untuk konfirmasi.
  6. Tunggu hingga muncul notifikasi bahwa transaksi berhasil.

Apakah ada biaya tambahan untuk membayar pajak motor online di BRImo?

Tidak ada biaya tambahan untuk membayar pajak motor online di BRImo. Anda hanya perlu membayar jumlah pajak yang tertera pada kode billing. Namun, pastikan bahwa saldo rekening Anda mencukupi untuk melakukan pembayaran.

Bagaimana cara mengesahkan STNK dan mencetak TBPKB setelah membayar pajak motor online?

Setelah membayar pajak motor online, Anda perlu mengesahkan STNK dan mencetak TBPKB(Tanda Bukti Pendaftaran Kendaraan Bermotor) sebagai bukti bahwa kendaraan Anda sudah terdaftar dan memenuhi syarat. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan:

  • Anda bisa mengesahkan STNK dan mencetak TBPKB secara online melalui aplikasi Signal atau E-Samsat Provinsi. Anda hanya perlu memasukkan nomor polisi kendaraan Anda dan memilih layanan yang diinginkan. Kemudian, Anda akan mendapatkan kode booking yang bisa digunakan untuk mengambil dokumen tersebut di kantor Samsat terdekat.
  • Anda juga bisa mengesahkan STNK dan mencetak TBPKB secara offline dengan datang langsung ke kantor Samsat terdekat dengan membawa dokumen-dokumen berikut: KTP asli, STNK asli, BPKB asli, bukti pembayaran pajak online, surat kuasa bermaterai (jika dikuasakan), dan surat keterangan hilang (jika STNK atau BPKB hilang).

Apa saja kelebihan dan kekurangan membayar pajak motor online di BRImo?

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan membayar pajak motor online di BRImo:

KelebihanKekurangan
Praktis, cepat, dan mudah karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja melalui smartphone.Membutuhkan kode billing yang harus didapatkan terlebih dahulu melalui aplikasi Signal atau E-Samsat Provinsi.
Aman dan terpercaya karena menggunakan sistem enkripsi dan otentikasi dari Bank BRI.Membutuhkan koneksi internet yang stabil dan kuota data yang cukup untuk mengunduh aplikasi dan melakukan transaksi.
Tidak ada biaya tambahan selain jumlah pajak yang harus dibayar.Membutuhkan pengesahan STNK dan cetak TBPKB yang harus dilakukan secara online atau offline di kantor Samsat.

Kesimpulan

Pembayaran pajak motor online di BRImo adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memenuhi kewajiban sebagai pemilik kendaraan bermotor di Indonesia. Dengan menggunakan BRImo, Anda bisa membayar pajak motor online dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman tanpa harus keluar rumah dan mengantre di Samsat. Anda hanya perlu memiliki rekening BRI, aplikasi BRImo, dan kode billing yang bisa Anda dapatkan melalui aplikasi Signal atau E-Samsat Provinsi.

Setelah membayar pajak motor online, Anda perlu mengesahkan STNK dan mencetak TBPKB sebagai bukti bahwa kendaraan Anda sudah terdaftar dan memenuhi syarat. Anda bisa melakukan pengesahan STNK dan pencetakan TBPKB secara online melalui aplikasi Signal atau E-Samsat Provinsi, atau secara offline dengan datang langsung ke kantor Samsat terdekat dengan membawa dokumen-dokumen yang diperlukan.

Demikianlah artikel tentang cara bayar pajak motor online di BRImo yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam membayar pajak motor online. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca.

Video Cara Bayar Pajak Motor Online di Brimo

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!