DJP Luncurkan Aplikasi M-Pajak, Apakah Anda Sudah Download? Pajak dalam Berita

DJP Luncurkan Aplikasi M-Pajak, Apakah Anda Sudah Download? Pajak dalam Berita - Aplikasi M-Pajak adalah aplikasi mobile yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk memudahkan wajib pajak dalam mendapatkan layanan yang lebih personal, mudah, dan cepat pada gawai yang mereka miliki. Aplikasi ini diluncurkan pada tanggal 4 Juni 2021 dan dapat diunduh secara gratis melalui Play Store untuk Android maupun App Store untuk iPhone. Artikel ini akan membahas mengenai fitur-fitur, manfaat, dan cara menggunakan aplikasi M-Pajak, serta memberikan informasi terkait dengan reformasi perpajakan yang dilakukan oleh DJP.

Apa itu Aplikasi M-Pajak?

Apa itu Aplikasi M-Pajak?
Apa itu Aplikasi M-Pajak?
bing.net webmasters.googleblog.com Mister Geko Grogol Inc

Aplikasi M-Pajak adalah aplikasi versi mobile dari situs web pajak.go.id yang merupakan portal resmi DJP. Aplikasi ini merupakan salah satu program digitalisasi layanan yang dikembangkan DJP sejak tahun 2019 dengan konsep Click Call Counter(3C). Konsep ini mengarahkan wajib pajak untuk menggunakan layanan secara daring melalui situs web atau aplikasi(Click), jika layanan tersebut tidak tersedia maka wajib pajak dapat menghubungi Kring Pajak 1500200(Call), atau jika memerlukan bantuan langsung dari petugas pajak maka wajib pajak dapat datang ke kantor pelayanan pajak(Counter). Model layanan 3C ini diharapkan dapat mengurangi beban kerja di kantor pelayanan pajak dan meminimalisir interaksi langsung antara petugas pajak dan wajib pajak.

Apa Saja Fitur dan Manfaat Aplikasi M-Pajak?

Apa Saja Fitur dan Manfaat Aplikasi M-Pajak?
Apa Saja Fitur dan Manfaat Aplikasi M-Pajak?
bing.net webmasters.googleblog.com Mister Geko Grogol Inc

Aplikasi M-Pajak memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan wajib pajak, di antaranya adalah:

- Menu e-Billing: Fitur ini memudahkan wajib pajak dalam membuat kode billing yang harus dibuat sebelum membayar pajak. Petunjuk pengisian dan pembuatan kode billing juga tersedia untuk wajib pajak di sudut kanan atas aplikasi dengan menekan tombol tanda tanya.- Kartu NPWP Digital: Fitur ini menyediakan kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) elektronik yang bisa diakses pada menu Profile Saya. Kartu NPWP digital ini dapat digunakan sebagai pengganti kartu NPWP fisik yang hilang atau rusak.- Informasi KPP Terdekat: Fitur ini membantu wajib pajak menemukan informasi mengenai kantor pelayanan pajak (KPP) terdekat dari posisi GPS ponsel melalui peta yang terintegrasikan dalam aplikasi ini. Wajib pajak juga dapat melihat alamat, nomor telepon, dan jam operasional KPP tersebut.- Tenggat Pajak: Fitur ini mengingatkan wajib pajak mengenai batas waktu penyetoran dan pelaporan pajak terkini. Fitur ini terletak pada halaman muka aplikasi dan menampilkan tanggal dan jenis pajak yang harus disetorkan dan dilaporkan oleh wajib pajak.- Informasi Peraturan Perpajakan Terbaru: Fitur ini menyediakan informasi mengenai peraturan perpajakan terbaru yang dikeluarkan oleh DJP atau Kementerian Keuangan. Dalam versi saat ini, menu peraturan menampilkan nomor, judul, dan status peraturan. Wajib pajak dapat mencari peraturan perpajakan berdasarkan pada judul.

Manfaat dari aplikasi M-Pajak adalah:

- Mempermudah akses layanan perpajakan: Dengan menggunakan aplikasi M-Pajak, wajib pajak tidak perlu lagi mengunjungi situs web pajak.go.id melalui komputer atau laptop, tetapi cukup menggunakan gawai yang mereka miliki. Hal ini dapat menghemat waktu dan biaya wajib pajak dalam mengurus kewajiban perpajakannya.- Menyediakan layanan yang lebih personal, mudah, dan cepat: Aplikasi M-Pajak dirancang untuk memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi wajib pajak. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana, mudah digunakan, dan cepat dalam memberikan respons. Aplikasi ini juga dapat menyesuaikan diri dengan profil wajib pajak yang telah terdaftar dalam sistem DJP.- Meningkatkan kepatuhan perpajakan: Aplikasi M-Pajak dapat membantu wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan lebih tepat waktu dan akurat. Aplikasi ini juga dapat memberikan informasi dan edukasi mengenai peraturan perpajakan terbaru yang berlaku bagi wajib pajak.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi M-Pajak?

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi M-Pajak?
Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi M-Pajak?
bing.net webmasters.googleblog.com Mister Geko Grogol Inc

Untuk menggunakan aplikasi M-Pajak, wajib pajak harus melakukan langkah-langkah berikut:

- Mengunduh aplikasi M-Pajak: Wajib pajak dapat mengunduh aplikasi M-Pajak melalui Play Store untuk Android maupun App Store untuk iPhone. Aplikasi ini dapat dicari dengan kata kunci "M-Pajak" atau "DJP Online".- Login ke aplikasi M-Pajak: Wajib pajak harus login terlebih dahulu dengan mengisi NPWP dan kata sandi seperti saat mengakses log masuk (login) di situs web pajak.go.id (DJP Online). Aplikasi akan mengirim kode verifikasi ke surel (email) wajib pajak yang terdaftar dalam sistem DJP. Wajib pajak diminta untuk mengisi kode verifikasi, setelah itu baru bisa mengakses M-Pajak.- Memilih fitur yang diinginkan: Wajib pajak dapat memilih fitur yang diinginkan pada menu utama aplikasi M-Pajak. Menu utama terdiri dari e-Billing, Profile Saya, KPP Terdekat, Tenggat Pajak, dan Peraturan. Wajib pajak juga dapat mengubah pengaturan aplikasi pada menu Pengaturan yang terletak di sudut kanan atas aplikasi.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Apakah aplikasi M-Pajak aman untuk digunakan?

Aplikasi M-Pajak aman untuk digunakan karena menggunakan sistem keamanan yang sama dengan situs web pajak.go.id. Aplikasi ini juga memerlukan verifikasi melalui email sebelum wajib pajak dapat menggunakannya. Selain itu, aplikasi ini tidak akan menyimpan data pribadi atau transaksi wajib pajak di gawai.

Apakah aplikasi M-Pajak bisa digunakan untuk melaporkan SPT?

Untuk saat ini, aplikasi M-Pajak belum bisa digunakan untuk melaporkan SPT. Wajib pajak masih harus menggunakan situs web pajak.go.id atau e-Filing untuk melaporkan SPT secara online. Namun, DJP berencana untuk terus mengembangkan fitur-fitur aplikasi M-Pajak agar dapat memberikan layanan yang lebih lengkap dan optimal bagi wajib pajak.

Apakah aplikasi M-Pajak bisa digunakan untuk membayar pajak?Apakah aplikasi M-Pajak bisa digunakan untuk membayar pajak?

Aplikasi M-Pajak bisa digunakan untuk membayar pajak dengan menggunakan fitur e-Billing. Fitur ini memungkinkan wajib pajak untuk membuat kode billing yang merupakan nomor referensi yang harus dicantumkan saat melakukan pembayaran pajak melalui bank atau channel lainnya. Wajib pajak dapat memilih jenis pajak, masa pajak, tahun pajak, dan jumlah pembayaran yang akan dilakukan. Setelah itu, wajib pajak akan mendapatkan kode billing yang berlaku selama 7 hari. Kode billing ini dapat disimpan, dicetak, atau dikirim melalui email atau WhatsApp.

Bagaimana cara menghubungi DJP jika ada pertanyaan atau keluhan terkait aplikasi M-Pajak?

Jika ada pertanyaan atau keluhan terkait aplikasi M-Pajak, wajib pajak dapat menghubungi Kring Pajak 1500200 yang beroperasi setiap hari Senin sampai Jumat pukul 08.00-16.00 WIB. Wajib pajak juga dapat mengirimkan email ke [email protected] atau mengisi formulir pengaduan yang tersedia di situs web pajak.go.id.

Apa hubungan antara aplikasi M-Pajak dan reformasi perpajakan?

Aplikasi M-Pajak merupakan salah satu bagian dari reformasi perpajakan yang dilakukan oleh DJP sejak tahun 2016. Reformasi perpajakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, kepatuhan, dan penerimaan perpajakan dengan mengoptimalkan teknologi informasi dan komunikasi. Reformasi perpajakan juga mencakup program-program seperti amnesti pajak, pembentukan Tim Reformasi Perpajakan, perubahan struktur organisasi vertikal, serta pembentukan Tim Pelaksana Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan(PSIAP). DJP telah mempublikasikan buku Cerita di Balik Reformasi Perpajakan yang merekam perjalanan reformasi perpajakan Jilid III(2016-2020).

Kesimpulan

Aplikasi M-Pajak adalah aplikasi mobile yang dikembangkan oleh DJP untuk memudahkan wajib pajak dalam mendapatkan layanan yang lebih personal, mudah, dan cepat pada gawai yang mereka miliki. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur seperti e-Billing, kartu NPWP digital, informasi KPP terdekat, tenggat pajak, dan informasi peraturan perpajakan terbaru. Aplikasi ini juga memberikan manfaat seperti mempermudah akses layanan perpajakan, menyediakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi wajib pajak, serta meningkatkan kepatuhan perpajakan. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Play Store untuk Android maupun App Store untuk iPhone. Aplikasi ini merupakan salah satu bagian dari reformasi perpajakan yang dilakukan oleh DJP sejak tahun 2016.

Demikian artikel tentang DJP Luncurkan Aplikasi M-Pajak, Apakah Anda Sudah Download? Pajak dalam Berita. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau tanggapan terkait artikel ini, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca.

Video DJP Luncurkan Aplikasi M-Pajak, Apakah Anda Sudah Download? Pajak dalam Berita

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!